Sekolahku, Covid-19 dan Blended Learning.

SMP N 1 SIEMPATNEMPU HILIR
Sekolahku, Covid-19 dan Blended Learning.

Himbauan Presiden untuk Lock Down (di rumah saja) merupakan suatu cara untuk mencegah penyebaran wabah Corona (Covid-19) di negara Indonesia. Tak ayal, hal tersebut tentunya berdampak pada semua lini kehidupan, baik sosial, ekonomi dan bahkan di dunia pendidikan. Segala aktivitas di luar rumah dianjurkan untuk dikurangi, termasuk ibadah, sekolah dan kegiatan lainnya.

Lalu, bagaimana dengan daerahmu?
Dairi, sampai saat ini Selasa 17 Maret 2020, belum ada info resmi akan adanya warga masyarakat yang positif terjangkit virus ini. Hanya saja, upaya preventif tetap dilaksanakan dengan himbauan langsung dari pihak-pihak terkait salah satunya sekolah untuk merumahkan siswa dalam kurun waktu kurang lebih 14 hari lamanya. Bukan LIBUR, tetapi tetap melaksanakan pembelajaran secara mandiri di rumah.

Bagi sekolah-sekolah yang telah membiasakan pembelajaran sistem blended learning, tentunya bukan suatu kendala apabila siswa dihadapkan dengan situasi seperti ini. Mereka sudah terbiasa dengan belajar online; membahas materi dan menyelesaikan tugas dengan sistem virtual, baik dari room meeting ataupun sistem blog learning, sehingga komunikasi antara guru dan siswa tetap berlanjut walaupun tidak tatap muka secara langsung.

Bagaimana dengan mereka yang tinggal di pedalaman dan bahkan masih belum paham akan pembelajaran daring?

Bagaimseana dengan kemampuan pendidik yang mungkin masih sekian persen yang mumpuni dalam aplikasi pembelajaran daring ini?

Bagaimana jika setelah 14 hari tersebut ternyata penyebaran virus ini malah semakin menjadi-jadi?

Semua masih menyisakan misteri dan setumpuk pertanyaan serta tugas berat dalam dunia pendidikan. Ibarat fenomena gunung es yang terlihat kecil tapi ternyata menyimpan sejuta cerita di dalamanya.

Tidak ada yang dapat kita perbuat selain patuh dan ikut aturan yang diberlakukan oleh pihak-pihak pemangku kebijakan. Tentunya semuanya sudah melalui pertimbangan yang mapan.

Hanya do'a yang dapat kita perkuat. Dengan harapan semoga Allah SWT melindungi kita semua, dijauhkan dari ancaman virus berbahaya ini. Untuk Indonesia lebih baik lagi.

#Maysilla170320

Komentar

Postingan Populer